Senin, 06 Agustus 2018


KOSMETIK YANG AMAN. GIMANA YA CARA MEMILIHNYA?

Wanita biasanya menggunakan kosmetik sebagai pendukung kecantikan agar tampil lebih cantik, segar dan lebih percaya diri. Namun banyaknya jenis dan berbagai macam kosmetik di pasaran seringkali membuat wanita bingung, apalagi dengan adanya beberapa kosmetik yang mengandung bahan kimiawi yang berbahaya.
Untuk mengatasi kemungkinan buruk akiba tpenggunaan kosmetik yang mengandung bahankimiawi berbahaya, wanita harus dapat memilah kosmetik yang terjamin keamanan dan kualitasnya. Berikut beberapa ciri kosmetik yang aman dan sehat

1.Terdapat kode BPOM yang legal
Pastikan kosmetik yang anda gunakan terdaftar pada situs Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) resmi. Kode atau nama produk bisa dicek di situsnya https://cekbpom.pom.go.id

2.Terdapat cara dan langkah pemakaian
Pilihlah kosmetik yang memiliki cara dan langkah pemakaian yang tepat agar kita sebagai konsumen mendapatkan hasil dan manfaat dari pemakaian kosmetik tersebut. Bahkan kosmetik yang aman dan sehat mencantumkan tanda efek buruk bila kosmetik yang digunakan dirasa tidak cocok bila digunakan.

3.Memiliki tanggal kadaluarsa
Tanggal kadaluarsa berfungsi untuk memastikan umur efektif produk yang akan berpengaruh pada kualitasnya.

4.Tercantum nama dan alamat produksi
Nama dan alamat produksi yang jelas merupakan tanda kosmetik yang aman dan sehat. Lebih bagus lagi jika ada nomor pengaduan yang bisa dihubungi untuk menanyakan perihal kosmetik tersebut.

5.Perhatikan komposisi bahan
Perhatikan apakah ada zat yang berbahaya bagi kulit, diantara zat yang berbahaya adalah merkuri/Hg, hidroquinon, zat pewarna sintesis yang umumnya ada pada industri tekstil seperti pewarna merah K.10 (rhodamin B) dan zat pewarna K 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar