Rabu, 09 Maret 2016

Image result for gambar akupuntur

PENGOBATAN AKUPUNKTUR PADA GANGGUAN OTOT

Rasa pegal, kaku atau bahkan nyeri pada otot adalah sesuatu yang pernah atau bahkan sering kita alami.
  Ketikaketidaknyamanan tersebut tidak segera hilang maka kita sering bingung pengobatan apa yang harus kita pillih. Akupunktur atau tusuk jarum dapat menjadi alternatif yang cukup baik untuk kita pertimbangkan. 

Pengobatan akupunktur yang dilakukan oleh seorang dokter tentunya memiliki manfaat lebih. Diantaranya adalah Kita tidak perlu kuatir bahwa pengobatan akupunktur yang dilakukan akan tidak tepat  karena salah diagnosa. Seorang dokter tentunya akan menegakkan dulu diagnosa penyakit berdasarkan keluhan-keluhan pasien beserta dengan hasil pemeriksaan, baru kemudian dia akan dapat menentukan apakah pengobatan akupunktur akan sesuai atau tidak. Pada beberapa kasus, pengobatan juga dilakukan dengan menggabungkan pemberian obat-obatan modern dengan akupunktur.

Dr. Rachmawati seorang dokter umum yang secara khusus mendalami  akupunktur, menjelaskan bahwa, tusukan-tusukan  jarum pada akupunktur menyebabkan perubahan kelistrikan yang akan memberikan energi kepada sel sehingga pada akhirnya akan menyeimbangkan energi pada tubuh dan energi dapat bergerak lancar. Atas dasar itulah maka akupunktur dapat menjadi pilihan yang baik  untuk mengatasi gangguan otot.

Gangguan otot sendiri dapat dikelompokkan  menjadi :
·         Nyeri otot
·         Kejang otot
·         Kelemahan otot


Nyeri Otot
                 Adalah kelainan otot yang paling sering
kita jumpai Pada umumnya disebabkan oleh posisi atau
gerakan yang salah, namun bisa juga disebabkan oleh faktor psikis. Lokasi nyeri yang sering dijumpai :
Nyeri leher            : sering disebut salah bantal
Nyeri bahu            : sering disebut “sindrom komputer“
Nyeri pinggang
Nyeri lengan         : “Tennis Elbow“, nyeri lengan yang sering dialami petenis
Nyeri kaki/tungkai : nyeri pada betis, atau lutut

 Adapun kelainan atau kerusakan  organ tubuh yang bisa menyebabkan nyeri otot adalah :
Degenerasi otot, trauma, radang,  penyakit lain seperti : Diabetes Mellitus, Batu ginjal, dan obat-obatan.


Kejang Otot        
                Sering terjadi bersama-sama dengan nyeri otot dan antara lain disebabkan kelelahan, kelebihan beban, dehidrasi, obat-obatan, penyakit lain dan sebab-sebab kejiwaan.


Kelemahan Otot
                Kelemahan otot dapat disebabkan karena bawaan sejak lahir, obat-obat tertentu (mis. Valium), kekurangan gizi, kekurangan mineral Kalsium, penyebab lain seperti polio, kanker dll.

Dr. Rachmawati melanjutkan bahwa hampir seluruh jenis gangguan otot dapat diatasi dengan akupunktur. Pengobatan gangguan otot dengan cara akupunktur,  dilakukan dengan menusuk  titik-titik tubuh  tertentu, sesuai dengan lokasi nyeri,  oleh beberapa jarum. Tidak perlu kuatir, tusukan jarum hanya akan terasa seperti gigitan semut pada saat ditusuk. Jarum yang digunakan adalah jarum kecil , sekali pakai. Pengobatan berlangsung kurang-lebih selama 30 sampai 45 menit.

Berapa kali dilakukan pengobatan akupunktur untuk penanggulangan nyeri ? Tergantung keluhan dan penyebabnya, semakin berat keluhan dan penyebab maka pengobatan perlu dilakukan beberapa kali, bisa dilakukan 3 kali seminggu atau 2 kali seminggu.

Nara Sumber : dr. Rachmawati – Dokter Umum, Praktisi Akupuntur – Klinik Meditama
Daftar Pustaka :
Koosnadi Saputra, Akupunktur Klinik, Airlangga Umniversity Pers, 2002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar