Kamis, 31 Maret 2016



Mengapa Tekanan Darah perlu diperiksa?

Kebanyakan orang tidak tahu dan tidak dapat merasakan ketika tekanan darahnya meningkat. Sementara tekanan darah yang tinggi terus menerus bisa meningkatkan resiko serangan jantung, gagal jantung, stroke dan gagal ginjal.

Oleh karena itu, orang dewasa yang tampak sehat disarankan untuk memeriksa tekanan darahnya sedikitnya setiap dua tahun jika tekanan darahnya sama dengan atau dibawah 120/80 mm Hg.

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih dari satu kali sebelum menentukan apakah tekanan darah Anda normal ataukah tidak. Karena dari satu kali pengukuran jika hasilnya normal belum dapat disimpulkan bahwa tekanan darah Anda normal, begitu juga sebaliknya jika tekanan darah dari satu kali pemeriksaan tinggi masih belum dapat dipastikan bahwa Anda mengidap tekanan darah tinggi.

Tekanan darah orang dewasa yang normal adalah : sistolik : dibawah atau sama dengan 130 mm Hg,  diastolik : 90 mm Hg.

Sistolik adalah tekanan darah yang terukur pada saat jantung berkontraksi memompa, sementara diastolik adalah hasil pengukuran pada saat jantung sedang beristirahat.


Hasil pengukuran tekanan darah yang tidak normal dapat dikelompokan sebagai berikut :

Prehipertensi :                                      Sistolik : 120 sampai 139                     Diastolik : 80 sampai 89

Hipertensi ringan :                               Sistolik : 140 sampai 159                     Diastolik : 90 sampai 99

Hipertensi sedang sampai berat :      Sistolik : lebih dari 160                        Diastolik : lebih dari 100

Tekanan Darah rendah (Hipotensi)    Sistolik dibawah 90 atau lebih rendah dari pengukuran biasa sebanyak 25 mm Hg.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar